Opini

Ideologi Bukan Investasi Jangka Pendek Bung!

Sabtu, 20 Juni 2020 - 09:19 WIB

Penulis :

Soemantri Hassan*
Tags : RUU, HIP, Politik
Ideologi Bukan Investasi Jangka Pendek Bung!
Sumantri Hassan/Dokumen penulis

Tulisan ini didedahkan pada tuan dan puan yang insya Allah terhormat, yang tetap ngotot menjalankan RUU Haluan Ideologi Pancasila. Setelah sebelumnya membentuk Badan yang menuai badai kritik, tak puas rasanya tuan dan puan. 

Ideologi negara bukanlah norma atau etika yang bisa diganti sesuai kebutuhan jaman. Ada curahan pikiran dan air mata pada saat ideologi suatu negara disepakati. Harusnya sudah final. Kini diutak atik kembali. 

Moral anak bangsa terusik. Politik aliran entah sengaja atau tidak memantik kembali. Entah apa yang memotivasi tuan dan puan di sana bernafsu alih alih menguatkan dasar negara malah mendegradasi makna.

Pun dengan penghalusan menjadi satu kata -Pembinaan- rasanya tak perlu dipertajam perbebatan yang memantik luka lama yang telah kering istilah Prof  Andi Irmanputra Sidin. 

Tuan dan puan sadarlah, niat baik saja tidak cukup tanpa pengejawantahan nilai nilai pancasila yang final itu. Rakyat kecil seperti penulis pada umumnya hanya butuh satu hal sederhana, yaitu- keteladanan-bukan retorika dibungkus pencitraan semu. 

Pemerintahan bisa silih berganti. Tapi negara harus tetap ada sebagai kontrak sosial. Ideologi bukan investasi jangka pendek tuan dan puan. 

Ia sejenis "saham kontrak sosial" rakyatnya. Dimensinya berjangka panjang. Sangat beresiko jika tuan dan puan tak siap investasi jangka panjang. Dalam khazanah investasi. Saham itu jika salah langkah bisa terjun bebas. ()

 

*penulis pemerhati kebijakan publik