Hukum

Jokowi Teken Kepres Pemberhentian Lili Pintauli sebagai Wakil Ketua KPK

Senin, 11 Juli 2022 - 14:16 WIB

Penulis :

Redaksi
Tags : Lili Pintauli, Kepres, KPK
Jokowi Teken Kepres Pemberhentian Lili Pintauli sebagai Wakil Ketua KPK
Lili Pintauli

Hukum & Bisnis (Jakarta) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Keputusan Presiden (Kepres) pemberhentian Lili Pintauli sebagai Wakil Ketua KPK.

Kepres tersebut berawal dari surat pengunduran diri yang disampaikan oleh Lili.

"Surat pengunduran diri Lili Pintauli Siregar (LPS) telah diterima oleh Presiden Jokowi. Presiden Jokowi sudah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Pemberhentian LPS," kata Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Faldo Maldini kepada wartawan di Jakarta, Senin (11/7/2022).

Menurut Faldo, penerbitan Kepres merujuk kepada Undang-undang KPK.

"Penerbitan keppres tersebut merupakan prosedur administrasi yang disyaratkan dalam Undang-Undang KPK," ujar Faldo.

Sementara itu, pada hari yang sama, Dewan Pengawas (Dewas) KPK tengah bermusyawarah sebelum menjatuhkan putusan terkait dugaan pelanggaran etik Lili Pintauli Siregar.

Hari ini Dewas KPK menggelar sidang etik yang juga dihadiri oleh Lili Pintauli Siregar. Namun sidang yang sudah dibuka, ditutup lagi karena diskors sampai pukul 12.00 WIB. Majelis Etik bermusyawarah dulu sampai pukul 12.00 WIB dan sidang kembali akan dibuka untuk umum.

Lili yang mengenakan kemeja putih dipadu dengan celana hitam dan kerudung merah tiba sekitar pukul 10.00 WIB di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi (ACLC) KPK. Namun tak berkomentar saat ditanya mengenai sidang dugaan pelanggaran etiknya tersebut.