Bisnis

Buka Rute Denpasar-Labuan Bajo, Air Asia Beri Dampak Positif Bagi Sektor Pariwisata

Rabu, 22 Juni 2022 - 20:35 WIB

Penulis :

Redaksi
Tags : Air Asia, Labuan Denpasar-Labuan Bajo, Pariwisata Labuan Bajo
Buka Rute Denpasar-Labuan Bajo, Air Asia Beri Dampak Positif Bagi Sektor Pariwisata
Air Asia/Istimewa

Hukum & Bisnis (Jakarta) - Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina menilai keberadaan maskapai penerbangan Air Asia yang membuka rute Denpasar-Labuan Bajo dan sebaliknya akan berdampak positif pada sektor pariwisata di daerah itu.

"Kehadiran Air Asia di Labuan Bajo tentu memiliki dampak positif untuk perkembangan pariwisata, seperti memudahkan akses transportasi bagi wisatawan lokal dan asing yang kemudian berdampak pada tumbuhnya peluang ekonomi di sektor pariwisata," kata dia dikutip Antara, Rabu (22/6/2022).

Menurut dia lagi, sebagai destinasi yang diminati oleh wisatawan mancanegara, kehadiran rute Air Asia memberikan opsi mudah untuk wisatawan untuk transit sebelum menuju Labuan Bajo.

Sebagai catatan khusus, tambah dia, penerbangan Air Asia ke Labuan Bajo juga merupakan connecting flight dari Bangkok, Kuala Lumpur, Singapore, Perth via Bali dan Jakarta.

Selain itu, kata dia, kehadiran maskapai penerbangan Air Asia di Labuan Bajo juga akan berdampak pada menurunnya biaya transportasi penerbangan.

"Biaya penerbangan yang terjangkau menjadi salah satu pemantik bagi wisatawan baik lokal maupun asing untuk berwisata ke Labuan Bajo," tambah dia.

Shan pun mengatakan, saat ini bandara Komodo telah memperluas terminalnya untuk mengakomodir jumlah kedatangan wisatawan. Dengan daya tampung yang lebih besar, wisatawan akan merasa lebih nyaman saat datang maupun berangkat dari Labuan Bajo.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Bandara Komodo, pada bulan Maret 2022, ada 283 kedatangan dan keberangkatan pesawat, sehingga kurang lebih sehari ada sembilan sampai 10 pesawat yang datang dan berangkat melalui pintu Bandara Komodo.

Sedangkan untuk jumlah penumpang, di bulan yang sama tercatat ada 22.154 orang datang dan 22.147 orang yang berangkat dari Bandara Komodo. Sehingga kurang lebih dalam sehari ada 700 - 800 penumpang yang datang dan berangkat dari Bandara ke luar Labuan Bajo.

Sementara itu, Wakil Ketua Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Nusa Tenggara Timur (NTT) Robert Waka menilai bahwa keberadaan maskapai penerbangan itu pastinya akan menambah pilihan penerbangan bagi wisatawan yang akan Labuan Bajo dengan harga yang variatif dan kompetitif.

"Apalagi Air Asia dengan beragam program promosi pasti bisa menambah minat wisatawan utk berkunjung ke Labuan Bajo sehingga membawa dampak peningkatan kunjungan dan membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat lokal. 'Now Everyone can Fly bisa jadi Now Everyone can Go to Labuan Bajo," jelasnya.

Kehadiran maskapai tersebut juga pastinya akan menghindari monopoli bisnis di dalam industri penerbangan. Apalagi, tambah dia, Air Asia dikenal sebagai perusahaan Low Cost Carrier, sehingga harga tiket penerbangan ke Labuan Bajo akan lebih kompetitif.