Berita

Pelindo Merger, Biaya Logistik Bakal Turun

Kamis, 14 Oktober 2021 - 13:21 WIB

Penulis :

Redaksi
Tags : Pelindo, Logistik
Pelindo Merger, Biaya Logistik Bakal Turun
Ilustrasi Pelabuhan

Hukum & Bisnis (Jakarta) - Penggabungan atau merger empat BUMN Pelindo ternyata sudah diwacanakan sejak lebih dari 20 tahun lalu. Penggabungan ini juga akan menurunkan biaya logistik secara nasional.

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Arif Suhartono menyatakan, pembicaraan tentang penyatuan perusahaan Pelabuhan Indonesia (Pelindo) sudah muncul sejak lebih dari 20 tahun lalu. Namun, baru tahun ini wacana tersebut terealisasi.

Dia mengakui, penggabungan ini akan memperkuat industri kepelabuhan.

"Sehingga dapat membantu menurunkan biaya logistik nasional secara bertahap, serta meningkatkan kinerja dan daya saing BUMN bidang kepelabuhanan di tingkat global," kata Arif dalam siaran langsung Peresmian Penggabungan Pelindo dan Terminal Multipurpose Wae Kelambu Pelabuhan Labuan Bajo melalui akun youtube Sekretariat Presiden, Kamis (14/10/2021).

Dia menyebut pengelolaan layanan kepelabuhanan selama ini dilakukan secara terpisah. Di sisi lain, kapabilitas dari masing-masing Pelindo tidak sama dari sisi keuangan, sumber daya manusia dan pengalaman.

Oleh karena itu, Arif menyebut penggabungan menjadi satu Pelindo ini akan memudahkan koordinasi dalam pengembangan kawasan industri dan ekonomi khusus di sekitar pelabuhan. Dengan demikian, akan meningkatkan konektivitas wilayah di Indonesia.

Selain itu, penggabungan juga membuka kesempatan perusahaan untuk go global, sebagaimana meningkatkan posisi Pelindo menjadi operator terminal peti kemas terbesar kedelapan di dunia.

"Penggabungan ini juga menyatukan sumber daya keuangan dan memperkuat permodalan perusahaan," ungkap Arif.