Bisnis

Perseroan Perseorangan, Badan Hukum Baru Bagi Pelaku Usaha Kecil

Sabtu, 09 Oktober 2021 - 12:39 WIB

Penulis :

redaksi
Tags : Perseroan Perseorangan, Usaha Kecil
  Perseroan Perseorangan, Badan  Hukum Baru Bagi Pelaku Usaha Kecil
Ilustrasi

Hukum & Bisnis (Badung) - Kini, pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) akan mendapat kemudahan akses pembiayaan dari bank dan pemerihtah. Itu karena mereka bisa memiliki badan hukum melalui skema perseroan perseorangan.

"Pemerintah berusaha untuk membuat kebijakan yang mendorong pelaku usaha UMK menjadi usaha yang lebih profesional berdaya saing, mandiri, dan terlindungi. Salah satunya dengan badan hukum baru berupa Perseroan Perorangan sebagai sarana bagi pelaku UMK dalam menjalankan usahanya," kata Dirjen Administrasi Hukum Umum (AHU) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Cahyo R Muzhar dalam keterangannya, Sabtu (9/101/2021).
 
Ia mengatakan badan hukum baru ini, telah diatur dalam Undang-Undang No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang memenuhi kriteria UMK termasuk Perseroan Perorangan.
 
Selain itu, Pemerintah juga telah menerbitkan peraturan pelaksana atas Undang-Undang Cipta Kerja terkait Perseroan Perorangan.  Yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2021 tentang Modal Dasar Perseroan serta Pendaftaran, Pendirian, Perubahan dan Pembubaran Perseroan yang memenuhi kriteria untuk Usaha Mikro dan Kecil.
 
Kemenkumham RI juga telah menerbitkan Permenkumham RI Nomor 21 Tahun 2021 tentang syarat dan tata cara pendaftaran, pendirian, perubahan, dan pembubaran badan hukum perseroan terbatas.
 
Hal ini merupakan wujud komitmen pemerintah untuk melindungi UMK dengan memberikan status badan hukum dalam bentuk Perseroan Perorangan.
 
Ia mengatakan aplikasi Perseroan Perorangan dapat digunakan oleh para pelaku UMK untuk mendaftarkan usahanya menjadi badan hukum Perseroan Perorangan dan sebagai upaya pemerintah dalam mendorong pelaku UMK untuk menjadi lebih profesional dan mandiri.