Berita

Awas, Gedung yang Sedot Air Tanah Bakal Disanksi

Jumat, 08 Oktober 2021 - 15:51 WIB

Penulis :

Redaksi
Tags : Ahmad Riza Patria, Air Tanah
Awas, Gedung yang Sedot Air Tanah Bakal Disanksi
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

Hukum & Bisnis (Jakarta) - Gedung bertingkat di DKI Jakarta, yang masih menyedot air tanah, segera kena sanksi. Mereka diminta segera beralih ke air PAM.

Ancaman sanksi tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

"Memang ada yang nakal ya, yang masih menggunakan air tanah seperti industri, hotel, apartemen dan lainnya," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Jumat (8/10/2021).

Oleh karena itu, Riza menyebut pihaknya tak akan ragu memberikan sanksi bagi pengguna air bersih dari pompa (jet pump) dari air tanah.

"Karena itu, kami minta semuanya menggunakan PAM (perusahaan air minum)," tuturnya.

Namun, Riza belum membeberkan sanksi tegas apa yang akan diberikan jika pemilik hotel, perkantoran dan mal itu masih menggunakan air bersih dari tanah.

Riza menambahkan pihaknya juga meminta seluruh warga DKI agar dapat menghemat penggunaan air bersih sebagai bentuk dari pengendalian penggunaan air tanah.

"PUPR (pekerjaan umum dan perumahan rakyat) juga sedang mempersiapkan sumber air dan pipanisasinya agar di Jakarta yang sudah terlayani 63-64 persen bisa ditingkatkan sampai dengan 100 persen," ucap Riza.

Politikus Gerindra itu meyakini jika warganya berhemat penggunaan air bersih dapat mengurangi laju penurunan muka tanah di Jakarta.

Ia juga memastikan pengendalian air tanah akan diiringi oleh penambahan sumber-sumber air di Ibu Kota.