Berita

Anggaran Rp300 Miliar Siap Geliatkan Industri Film

Jumat, 17 September 2021 - 08:30 WIB

Penulis :

Redaksi
Tags : Sandiaga Uno, Industri Film
Anggaran Rp300 Miliar Siap Geliatkan Industri Film
Ilustrasi Film

Hukum & Bisnis (Surabaya) - Anggaran sebesar Rp300 miliar disiapkan untuk menggeliatkan industri perfilman. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan anggaran itu diharapkan disalurkan untuk pembelian lisensi, termasuk biaya promosinya terhadap sebanyak 50 produksi film dari berbagai komunitas perfilman nasional.

"Anggaran itu sekitar Rp266 miliar sampai Rp300 miliar, dan diharapkan disalurkan kepada komunitas film di tanah air sebelum tutup tahun 2021," kata Sandiaga, dalam acara pertemuan dengan pelaku ekonomi kreatif bidang film di Surabaya, seperti dikutip dari Antaranews, Kamis (16/9/2021).

Menurutnya, industri perfilman nasional sangat terdampak pandemi COVID-19. Selama pandemi, gedung-gedung bioskop tutup demi pencegahan penularan COVID-19, sehingga perlu disokong dana pemerintah untuk memicu pertumbuhannya.

"Baru saja kami mendapat informasi dari Komite Pemulihan Ekonomi Nasional dan Ibu Menteri Keuangan menganggarkan sekitar Rp266 hingga Rp300 miliar untuk subsektor tersebut. Itu meliputi promosi, produksi dan pembelian dari hak penyaluran bagi film-film yang akan diproduksi oleh insan perfilman," katanya.