Hukum

Datangi Bareskrim, Moeldoko Laporkan Peneliti ICW

Jumat, 10 September 2021 - 16:13 WIB

Penulis :

redaksi
Tags : Moeldoko, ICW
Datangi Bareskrim, Moeldoko Laporkan Peneliti ICW
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko

Hukum & Bisnis (Jakarta) - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mendatangi Satuan Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat (10/9/2021). Kedatangan
mantan Panglima TNI ini untuk melaporkan dua peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Egi Primayoga dan Miftahul Huda atas dugaan fitnah dan pencemaran nama baik.

"Saya hari ini, saya Moeldoko selaku warga negara yang taat hukum dan pada siang hari ini melaporkan Saudara Egi dan Mifta, karena telah melakukan pencemaran atas diri saya," kata Moeldoko, yang mendatangi Bareskrim Polri dengan didampingi kuasa hukumnya, Otto Hasibuan.

Moeldoko mengatakan, bahwa sebelum melapor ke Polisi, sudah memberikan kesempatan kepada Egi Primayoga dan Miftahul Huda untuk meminta maaf dan mencabut pernyataan yang merugikannya. Kesempatan itu, kata Moeldoko, telah diberikan sebanyak tiga kali.

"Tapi sampai dengan saat ini iktikat baik itu tidak dilakukan, dengan terpaksa saya selaku warga negara yang punya hak yang sama dengan yang lain, maka saya lapor," ujar Moeldoko.

Dia membantah bahwa laporan tersebut menunjukkan sikap Pemerintah yang antikritik. Sebab, kata dia, di Kantor Staf Kepresidenan (KSP) ada program KSP Mendengar yang memberikan ruang bagi masyarakat untuk menyampaikan kritik dan saran.

Kuasa hukum Moeldoko, Otto Hasibuan menjelaskan, laporan tersebut dilayangkan atas nama pribadi Moeldoko, bukan sebagai Kepala Staf Kepresidenan (KSP).

Adapun pasal yang dilaporkan, yakni Pasal 45 ayat (3) jo Pasal 27 ayat (3) UU No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).