Berita

BSU, Ikhtiar Selamatkan Pekerja dari Ancaman PHK

Kamis, 22 Juli 2021 - 11:43 WIB

Penulis :

Redaksi
Tags : BSU, Ida Fauziah
BSU, Ikhtiar Selamatkan Pekerja dari Ancaman PHK
Ilustrasi

Hukum & Bisnis (Jakarta) - Pemerintah menggulirkan bantuan subsidi upah (BSU) untuk menyelamatkan pekerja dari ancaman pemutusan hubungan kerja (PHK). 

"Pemberian BSU diharapkan mampu meningkatkan daya beli dan menjaga tingkat kesejahteraan pekerja/buruh. Adanya BSU juga diharapkan mampu membantu meringankan beban pengusaha untuk dapat mempertahankan usahanya di masa pandemi COVID-19," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam pernyataan resmi, Kamis (22/7/2021).

"Melalui BSU ini, kita berharap hubungan industrial yang harmonis dan kondusif di perusahaan terjaga, sehingga sekali lagi, PHK dapat terhindarkan," tambah Menaker.

Ida berharap dengan adanya BSU tersebut maka beban perusahaan dapat berkurang. Dengan demikian, pengusaha dan pekerja dapat terus melakukan dialog sosial mencari solusi bersama menghadapi dampak pandemi.

Dalam BSU 2021, jumlah calon penerima diperkirakan mencapai sekitar 8 juta orang m dengan kebutuhan anggaran Rp8 triliun. Besaran yang diterima bagi setiap orang adalah Rp1 juta yang disalurkan melalui transfer bank.

Jumlah tersebut, menurut Ida, masih merupakan estimasi mengingat proses penyisiran data masih dilakukan BPJS Ketenagakerjaaan.