Berita

PPKM Level 4, Pekerja Tak Perlu Urus STRP Baru

Rabu, 21 Juli 2021 - 10:24 WIB

Penulis :

redaksi
Tags : Ahmad Riza Patria, STRP
PPKM Level 4, Pekerja Tak Perlu Urus STRP Baru
wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

Hukum & Bisnis (Jakarta) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan, pekerja tidak perlu mengajukan Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) baru. Hal ini menyusul perpanjangan PPKM Darurat, yang kini bernama PPKM Level 4.

"Tidak perlu mengajukan STRP kembali," kata Riza di Jakarta, Rabu (21/7/2021).A

PPKM Level 4 merupakan perpanjangan dari PPKM Darurat.

Melalui akun instagram pribadinya @arizapatria, dia mengatakan bagi pekerja sektor esensial dan kritikal yang memiliki STRP sudah dilakukan pembaharuan secara otomatis.

Pembaharuan itu dilakukan menyesuaikan dengan perpanjangan PPKM Darurat di Jakarta yang masuk kriteria level 4 sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 22 tahun 2021 tentang PPKM Level 4 COVID-19 di wilayah Jawa-Bali.

Adapun PPKM Darurat sebelumnya berlangsung 3-20 Juli 2021 dan Pemerintah Pusat memperpanjang lagi hingga dilakukan relaksasi bertahap mulai 26 Juli 2021 jika tren kasus COVID-19 menurun.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu DKI Jakarta kemudian menambahkan pemohon dapat mengunduh kembali STRP pada akun yang digunakan saat pengajuan secara kolektif oleh perusahaan.

Cara lainnya, yakni menunjukkan kode bar atau QR Code yang tertera pada STRP sebelumnya kepada petugas gabungan. Otentikasi perizinan STRP dapat dilakukan petugas gabungan dengan memindai kode bar tersebut.

Pemilik STRP diharapkan tetap membawa sertifikat vaksinasi jika sudah divaksin atau bagi yang belum membawa surat pernyataan akan mengikuti program vaksinasi yang ditandatangani di atas materai.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan kebijakan STRP bagi pekerja di sektor esensial, pekerja sektor kritikal dan perorangan dengan kebutuhan mendesak.

Adapun tujuan STRP itu untuk mengendalikan mobilitas penduduk di wilayah DKI Jakarta selama PPKM Darurat.