Berita

Jika Tidak Dilarang 81 Juta Orang Akan Mudik

Kamis, 08 April 2021 - 05:56 WIB

Penulis :

Redaksi
Tags : Budi Karya Sumadi, Larangan Mudik
Jika Tidak Dilarang 81 Juta Orang Akan Mudik
Ilustrasi

Hukum & Bisnis (Jakarta) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, bila pemerintah tidak mengeluarkan larangan maka akan ada 81 juta orang yang akan mudik ke kampung halaman menjelang Lebaran 2021.

"Kami sampaikan bahwa Kementerian Perhubungan melakukan suatu survei terhadap sejumlah responden yang banyak, hasilnya bila tidak ada larangan mudik maka 33 persen orang masih mudik. Artinya ada 81 juita orang akan mudik," kata Budi di Kantor Presiden Jakarta, Rabu (7/4/2021).

Larangan mudik Lebaran 2021 berlangsung selama 12 hari, yaitu 6-17 Mei 2021 bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), BUMN, TNI-Polri, karyawan swasta maupun pekerja mandiri. Masyarakat diimbau tidak melakukan kegiatan yang disinyalir bakal berpotensi menularkan COVID-19.

"Tetapi kalau ada larangan mudik, orang yang ingin mudik 11 persen dengan angka 27 juta. Itu jumlah yang banyak dan kami mengidentifikasi tujuan mudik yang paling banyak dari Jabodetabek ke Jawa Tengah sebanyak 37 persen atau kurang lebih 12 juta, Jawa Barat 23 persen atau 6 juta dan Jawa Timur," tamba Budi.

Budi pun memaparkan sejumlah strategi yang akan diterapkan dalam pelarangan tersebut.

"Berkaitan dengan darat, kita kami berkoordinasi dengan polisi dan Kakorlantas bahwa kita secara tegas melarang mudik dan akan melakukan penyekatan di lebih dari 300 lokasi, sehingga kami menyarankan agar bapak dan ibu tidak meneruskan rencana mudik dan tinggal di rumah," ujar Menhub.