Bisnis

Pandemi, Harga jual Apartemen Jalan di Tempat

Rabu, 07 April 2021 - 17:02 WIB

Penulis :

redaksi
Tags : Apartemen, Pandemi Covid-19
  Pandemi, Harga jual Apartemen Jalan di Tempat
Ilustrasi

Hukum & Bisnis (Jakarta) - Senior Associate Director Colliers Indonesia (konsultan properti) Ferry Salanto menyatakan harga jual apartemen yang terletak di kawasan DKI Jakarta pada saat ini cenderung relatif stagnan, dampak dari menurunnya perekonomian akibat pandemi.

"Harga jual antara kuartal I-2021 dengan kuartal 1-2020 relatif stagnan atau tidak ada perubahan," kata Ferry Salanto di Jakarta, Rabu (7/4/2021).

Ia mengungkapkan bahwa rata-rata harga jual apartemen stagnan di angka sekitar Rp35 juta per meter persegi.

Berdasarkan data Colliers, pada kuartal I-2019 harga rata-rata adalah sekitar Rp34,1 juta per meter persegi, sedangkan harga rata-rata pada kuartal I-2018 adalah sekitar Rp32,9 juta meter persegi.

Mengenai pembangunan berbagai proyek apartemen, Ferry menyatakan bahwa sebagian besar proyek mulai dilanjutkan, dan diharapkan kegiatan konstruksi bisa kembali pulih setelah program vaksinasi.

Sedangkan terkait dengan insentif yang diberikan pemerintah untuk menggenjot kinerja penjualan sektor properti, Ferry menduga bahwa dampak program insentif dari pemerintah belum begitu terlihat.

Akan tetapi, masih menurut dia, sudah terlihat adanya kenaikan peminat pembeli unit apartemen, terutama terhadap proyek apartemen yang sudah jadi atau selesai pembangunannya.

"Beberapa proyek diprediksi akan diserahterimakan pada kuartal II atau kuartal III 2021, untuk mengejar keuntungan dari insentif PPN," katanya.