Bisnis

LPS : Tak Ada Bank Gagal Selama 2020

Jumat, 02 April 2021 - 14:21 WIB

Penulis :

redaksi
Tags : LPS, Bank Gagal
 LPS : Tak Ada Bank Gagal Selama 2020
Ilustrasi

Hukum & Bisnis (Jakarta) - Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Lana Soelistianingsih menyatakan kerja sama antara otoritas di Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) berjalan efektif selama 2020. Hal ini mampu mencegah timbulnya bank gagal di tengah tekanan ekonomi yang disebabkan pandemi COVID-19.

Lana dalam keterangannya, Jumat (2/4/2021), menjelaskan bahwa lazimnya di tengah krisis ekonomi, terjadi masalah keuangan pada korporasi maupun inidividu.

“Sehingga sistem stabilitas keuangan pun akan terganggu. Namun, apa yang terjadi? di tahun 2020, tidak ada bank umum yang gagal dan ditangani oleh LPS. Artinya sinergi kebijakan antar KSSK yang sangat efektif” ujarnya,

Menurut Lana, upaya mitigasi dampak krisis keuangan dilakukan dengan baik melalui kebijakan yang sinergis antara Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan juga LPS.

“Jika dibayangkan sebagai kegiatan rangkaian KSSK, BI dan Kemenkeu diibaratkan sebagai front office karena di situ ada sinergi antara fiskal dan moneter, kemudian middle office ada OJK, dan LPS ada di back office,” ujarnya.

KSSK terus mengawasi dinamika perekonomian dan pasar keuangan dari dampak-dampak pandemi COVID-19. Alhasil, menurut Lana, stabilitas perekonomian terjaga, dan dana masyarakat tetap terjamin dan stabil di perbankan.