Berita

Transformasi Digital Jangan Hanya Untungkan Asing

Jumat, 26 Februari 2021 - 11:07 WIB

Penulis :

redaksi
Tags : Presiden Jokowi, Transformasi Digital
Transformasi Digital Jangan Hanya Untungkan Asing
Presiden Joko Widodo

Hukum & Bisnis (Jakarta) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan jajarannya untuk mendorong penggunaan produk domestik dalam transformasi digital.

Saat meluncurkan program konektivitas digital 2021 dan prangko seri gerakan vaksinasi nasional COVID-19 di Istana Negara, Jakarta, Jumat (26/2/2021), Presiden Jokowi meminta transformasi digital juga harus diikuti dengan peningkatan kemampuan anak bangsa dalam teknologi informatika.

Artinya, selain manfaat ekonomi, transformasi digital juga tetap menjaga kedaulatan dan kemandirian bangsa.

“Kita harus memastikan transformasi digital jangan hanya menguntungkan pihak luar, jangan hanya menambah impor, ini yang selalu saya tekankan. Kedaulatan dan kemandirian digital harus menjadi prinsip penting dalam transformasi digital kita,” ujar Presiden.

Turut hadir dalam peluncuran itu Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Presiden mendorong peningkatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam transformasi digital. Dia ingin memastikan Indonesia tidak menjadi korban praktik yang tidak adil dalam industri digital dunia.

“Tranformasi digital adalah win-win solution bagi semua pihak,” ujarnya.