Hukum

Buya Syafi'i: Komjen Listyo Dekat dengan Tokoh Lintas Agama

Sabtu, 16 Januari 2021 - 23:25 WIB

Penulis :

Redaksi
Tags : Buya Syafi'i Maarif, Komjen Listyo Sigit, Calon Kapolri
Buya Syafi'i: Komjen Listyo Dekat dengan Tokoh Lintas Agama
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo/Istimewa

Hukum & Bisnis (Jakarta) - Penunjukan Kabareskrim Komjen Pol. Listyo Sigit sebagai calon tunggal Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) mendapatkan dukungan dari sejumlah kalangan, termasuk dari kalangan tokoh lintas agama seperti Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Buya Syafi’i Maarif.

Di mata Buya, alumnus Akpol 1991 itu memiliki hubungan baik dengan semua kalangan, termasuk dengan ulama dan tokoh lintas agama.

"Dia juga dekat dengan semua golongan tanpa membedakan satu dengan yang lain," kata Buya seperti dikutip dari rilis yang diterima di Jakarta, Sabtu (16/1/2021) .

Hal senada disampaikan oleh pengamat intelijen dan keamanan, Ngasiman Djojonegoro yang akrab dipangil Simon, dia mengatakan Listyo merupakan sosok Petinggi Polri yang dekat dengan kalangan ulama.

“Sosok Komjen Pol. Sigit ini sangat akrab di kalangan pesantren dan ulama,” ujarnya.

Selain itu, Simon juga menilai Listyo merupakan sosok yang dekat dengan tokoh lintas agama dan masyarakat. Inilah yang membuat Sigit mudah masuk dan diterima seluruh kalangan atau golongan.

"Sosok Sigit yang mudah masuk dan diterima oleh semua kalangan diperlukan dalam rangka memperkuat sinergitas TNI dan Polri dalam rangka menjaga keamanan dan kestabilan politik sebagai pondasi mewujudkan Indonesia Emas 2045," jelasnya.

Dia pun percaya, Komjen Listyo mampu bekerja secara professional. Hal itu bisa dilihat dari rekam jejak Listyo saat memegang komando di suatu daerah sebagai Kapolres maupun Kapolda. 

"Contohnya ketika dia (Listyo Sigit) Jendral Bintang Tiga, dia masih memegang komando sebagai Kapolres Pati, Jawa Tengah," tandasnya.