Hukum

Komnas HAM Minta Polisi Pindahkan Millen ke Sel Wanita

Selasa, 24 November 2020 - 16:20 WIB

Penulis :

Redaksi
Tags : Millen Cyrus, Narkoba, Ashanty
Komnas HAM Minta Polisi Pindahkan Millen ke Sel Wanita
Ashanty dan Millen/ist

Hukum & Bisnis (Jakarta) - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) meminta agar polisi dapat memindahkan selebgram Keponakan penyanyi Ashanty, Millen Cyrus dari sel pria.

Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara mengaku sudah berkomunikasi dengan Polisi agar dapat memenuhi permintaan tersebut.

"Sudah berkomunikasi dengan Divisi Hukum Mabes Polri. Berjanji akan meneruskan permintaan Komnas ke Kapolres Tj Priok supaya yang bersnagkutan ditahan di sel perempuan," kata Beka lewat akun Twitter @Bekahapsara, Selasa (24/11/2020).

Millen sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penyalahgunaan narkoba dan saat ini ditahan di Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Ahrie Sonta mengatakan, bahwa Millen akan ditempatkan di sel pria sesuai dengan jenis kelamin yang tertera di KTP.

Beka mengatakan jika Millen mempunyai hak untuk tidak disiksa dan diperlakukan secara adil maupun bermartabat yang melekat pada setiap orang.

"Punya KTP atau tidak, alamat, jenis kelamin, agama, pekerjaan sesuai KTP maupun beda dengan yang tertulis," jelasnya.

"Meskipun belum memperoleh pengakuan pengadilan ataupun pengakuan administrasi negara, yang bersangkutan wajib ditempatkan di ruang tahanan sesuai jenis kelamin saat ini. Semua warga negara dilindungi martabat dan hak atas integritas personalnya meskipun ada di dalam tahanan," paparnya.

Selain itu, Beka juga meminta agar penasihat hukum Millen terus memantau dan memastikan agar kondisi Millen aman di dalam tahanan.

"Bisa koordinasi dengan Kanit tahanan dan alat bukti Polres Pelabuhan Tanjung Priok," pungkasnya.