UMKM

Bantu UKM, Facebook Siapkan Anggaran Rp12,5 Miliar

Senin, 12 Oktober 2020 - 10:08 WIB

Penulis :

redaksi
Tags : Facebook, UKM
 Bantu UKM, Facebook Siapkan Anggaran Rp12,5 Miliar


Hukum & Bisnis (Jakarta) - Media sosial papan atas dunia, Facebook menyiapkan anggaran total sebesar Rp12,5 miliar guna membantu pebisnis usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia. Bantuan ini bertujuan agar mereka mampu menghadapi tekanan ekonomi di tengah masa pandemi covid-19.

Country Director Facebook untuk Indonesia Pieter Lydian mengatakan pelaku UKM tidak diwajibkan memiliki akun di Facebook sebagai syarat pendaftaran. Pendaftaran program itu dibuka dari 6 Oktober hingga 13 Oktober 2020.

"Kami mendengarkan tantangan yang dihadapi para pemilik UKM dan ingin memberikan dukungan yang bermanfaat, termasuk dukungan finansial, untuk membantu mereka bangkit kembali, menata ulang strategi dan memulihkan kinerja usahanya," ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Senin (12/10/2020).

Pihak Facebook mengunggah sejumlah persyaratan dan tata cara pendaftaran program bantuan melalui laman https://www.facebook.com/business/boost/grants.

Mengutip dari laman tersebut, Facebook menyebutkan persyaratan pendaftaran meliputi UKM memiliki 2 sampai 50 karyawan, telah beroperasi lebih dari 1 tahun, terdampak covid-19, dan berlokasi di sekitar wilayah operasional Facebook.

Untuk Indonesia, pendaftar harus menyiapkan sejumlah dokumen.Yaknu akta pendirian entitas bisnis, akta perubahan terakhir yang dilampirkan jika hanya ada perubahan pada struktur jajaran direktur terkait status pendaftar, dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) atau Nomor Induk Berusaha (NIB) bisnisnya.

Jika pendaftar telah memenuhi dan memiliki dokumen persyaratan tersebut, maka selanjutnya bisa mendaftar dengan mengikuti langkah-langkah di laman https://www.facebook.com/business/boost/grants.

Facebook menuturkan bantuan itu diberikan kepada sekitar 400 UKM yang memenuhi syarat. Setiap UKM mendapatkan bantuan senilai Rp31,07 juta, terdiri dari uang tunai Rp19,38 juta dan kredit iklan opsional untuk membantu selama pandemi senilai Rp11,63 juta.