UMKM

Ini Tiga Strategi BI Besarkan UMKM

Kamis, 08 Oktober 2020 - 13:36 WIB

Penulis :

Redaksi
Tags : Bank Indonesia, UMKM
Ini Tiga Strategi BI Besarkan UMKM
Ilustrasi

Hukum & Bisnis (Jakarta) - Bank Indonesia (BI) meluncurkan tiga strategi membesarkan pelaku bisnis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Yakni korporatisasi, kapasitas dan pembiayaan digital.

“Kami memiliki kebijakan dan strategi pengembangan yang mendorong UMKM sebagai kekuatan baru dalam ekonomi nasional dalam merespons masalah akibat COVID,” kata Deputi Gubernur BI Doni P Joewono dalam webinar digitalisasi UMKM di Jakarta, Kamis (8/10/2020).

Menurut dia, strategi korporatisasi dilakukan dengan memperkuat kelembagaan UMKM, kemudian strategi kapasitas dengan mendorong peningkatan kualitas UMKM dan strategi pembiayaan untuk memperluas alternatif sumber modal.

Dodi menjelaskan strategi pengembangan UMKM perlu dilakukan secara end to end atau mengelola bahan baku hingga bahan jadi produk yang siap dipasarkan untuk meningkatkan produktivitas UMKM.

Langkahnya, lanjut dia, dengan meningkatkan produktivitas di antaranya penguatan manajemen, peningkatan kualitas barang, perluasan akses dan peningkatan kapasitas.

Selama masa pandemi, lanjut dia, berdasarkan survei kepada UMKM binaan bank sentral ini sebanyak 72,6 persen pelaku UMKM omzetnya turun hingga modalnya mengalami hambatan.

Namun, lanjut dia, ada juga UMKM yang mengambil langkah penambahan saluran pemasaran termasuk media digital.