UMKM

Airlangga Sebut RUU Cipta Kerja Mudahkan Bisnis UMKM

Senin, 05 Oktober 2020 - 06:52 WIB

Penulis :

redaksi
Tags : RUU Cipta Kerja, UMKM, Airlangga Hartarto
 Airlangga Sebut RUU Cipta  Kerja Mudahkan Bisnis UMKM
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto


Hukum & Bisnis (Jakarta) - RUU Cipta Kerja akan memudahkan proses perizinan bagi usaha UMKM. setelah berlakunya UU Cipta Kerja, pelaku UMKM diberikan kemudahan dan kepastian dalam proses perizinan melalui Online Single Submission (OSS).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (4/10/2020) menyatakan, UMKM juga mendapat kemudahan dalam mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), pendirian Perseroan Terbuka (PT) perseorangan, hingga kepastian legalitas.

Airlangga menambahkan, RUU Cipta Kerja juga menawarkan kemudahan dalam pendirian koperasi, dengan menetapkan minimal jumlah pendirian hanya oleh sembilan orang.

Koperasi, kata dia, juga diberikan dasar hukum yang kuat untuk melaksanakan prinsip usaha syariah, selain juga kemudahan dalam pemanfaatan teknologi.

Untuk Sertifikasi Halal, lanjut Airlangga, RUU Cipta Kerja menjamin percepatan dan kepastian dalam proses sertifikasi halal. Bahkan bagi pelaku UMKM, diberikan kemudahan tambahan berupa biaya sertifikasi yang ditanggung pemerintah dan Lembaga Pemeriksa Halal juga diperluas lingkupnya, kini dapat dilakukan Ormas Islam dan Perguruan Tinggi Negeri.

Sementara itu, bagi nelayan juga diatur penyederhanaan perizinan berusaha untuk kapal perikanan. Yakni cukup satu pintu melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), sedangkan Kementerian Perhubungan tetap memberikan dukungan melalui standar keselamatan.