Sosok

Saham Tesla Melambung, Elon Musk Terkaya Keempat Dunia

Rabu, 19 Agustus 2020 - 10:50 WIB

Penulis :

redaksi
Tags : Elon Mask, Tesla
 Saham Tesla Melambung, Elon Musk Terkaya Keempat Dunia
CEO Tesla, Elon Mask


Hukum & Bisnis (Jakarta) - Pemilik, pendiri, dan CEO Tesla, Elon Musk didapuk sebagai orang terkaya keempat dunia setelah saham perusahaannya melambung 11 persen pada penutupan perdagangan Senin (17/8/2020) lalu.

Seperti dikutip Aljazeera.com, Rabu (19/8/2020), saham Tesla Inc melejit melampaui rekor tertingginya pada awal pekan ini. Situasi ini langsung membuat nilai kekayaan Musk melesat US$7,8 miliar.

Kenaikan aset finansial Musk melampaui taipan asal Prancis Bernard Arnault, orang non Amerika Serikat (AS) terkaya versi Bloomberg Billionaire Index.

Pergerakan saham Tesla Senin lalu merupakan kemenangan terbaru bagi Musk yang dua tahun lalu sempat digugat oleh Komisi Sekuritas dan Bursa Efek di AS. Musk bahkan harus mengundurkan diri sebagai ketua pembuat mobil listrik.

Saham Tesla masih terus naik hingga tadi malam sebesar 3 persen. Jika dihitung sepanjang tahun, saham tersebut sudah meroket hingga 353 persen.

Sementara, Musk's Space Exploration Technologies Corp atau Space X disebut-sebut akan menambah kekayaan Musk sebesar US$3 miliar. Perusahaan mengumumkan telah mengumpulkan dana sebesar US$1,9 miliar dari SEC.

Tahun ini, kekayaan Musk telah melonjak hingga lebih dari US$57 miliar. Angka itu merupakan kenaikan terbesar kedua setelah pendiri Amazon.com Inc Jeff Bezos.

Kekayaan Bezos naik US$73 miliar sepanjang 2020. Saat ini, total kekayaannya mencapai US$188 miliar.

Bukan hanya Musk dan Bezos yang kekayaannya naik tahun ini. Baru-baru ini, pendiri Facebook Mark Zuckerberg masuk dalam kelompok klub centimiliarder. Klub ini terdiri dari orang-orang yang memiliki kekayaan bersih lebih dari US$100 miliar.

Nilai kekayaan Zuckerberg melonjak setelah harga saham Facebook naik lebih dari 6 persen pada awal Agustus 2020. Saham perusahaan meningkat signifikan lantaran Facebook meluncurkan fitur baru yang akan menyaingi TikTok.