Berita

Webinar Internasional FIK UMMAT Raih Rekor Muri

Sabtu, 01 Agustus 2020 - 17:43 WIB

Penulis :

Redaksi
Tags : MURI, FIK UMMAT, WEBINAR PESERTA TERBANYAK
Webinar Internasional FIK UMMAT Raih Rekor Muri
Jaya Suprana, ketua Yayasan MURI Indonesia dengan piagam penghargaan Rekor MURI buat FIK UMMAT. (foto muhammadiyah.or.id/H&B)

Hukum & Bisnis (Mataram) – Yayasan Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan penghargaan sebagai peraih rekor MURI dengan kategori Webinar Internasional tentang Kefarmasian dan Kebidanan dengan Peserta Terbanyak kepada Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhamamdiyah Mataram (FIK-UMMat).

Webinar internasional bertajuk The Role of Pharmacists and Midwives in New Normal Era diadakan pada Sabtu pecan lalu (25/7/2020). Narasumbernya berasal dari  Universiti Kebangsaan MalaysiaUniversitas Indonesia, Taipei Medical University, National Taipei University of Nursing and Health SciencesUniversitas Aisyiyah Yogyakarta, dan Universitas Ahmad Dahlan.

Mau tahu berapa pesertanya? Dekan FIK Nurul Qiyaam MFam.Klin menjelaskan, semua program studi di FIK ikut serta, yaitu Program Studi D3 dan S1 Farmasi, Program Studi D3 dan S1 Kebidanan. Webinar itu menggunakan platform zoom meeting dan live streaming youtube melalui channel FIK UMMAT.

“Kegiatan tersebut cukup antusias disambut khalayak, terbukti dengan jumlah peserta sebanyak 21.733,’’ kata Nurul. Mereka meliputi kalangan apoteker, tenaga teknis kefarmasian, bidan akademisi dan bidan praktisi, mahasiswa farmasi, mahasiswa kebidanan, dan masyarakat umum.

Bahkan, kata Nurul lagi, kegiatan berskala internasional yang merupakan pertama kali dilakukan oleh FIK itu cukup sukses karena telah ditonton lebih dari 45.000 kali via youtube channel. ”Kegiatan webinar tersebut merupakan salah satu kontribusi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Mataram (FIK UMMAT) dalam sharing ilmu berkaitan dengan peran farmasis dan bidan di era new normal,’’ katanya, seperti dikutip laman muhammadiyah.or.id.

“Webinar ini merupakan salah satu ikhtiar Fakultas Ilmu Kesehatan untuk tetap berkontribusi walau dalam keadaan tidak seperti biasanya. Proses sharing ilmu dan informasi harus terus dilakukan apalagi di era new normal ini. ‘’Adanya pandemi covid-19 bukan penghalang keberadaan kita untuk terus menambah dan memperluas wawasan,” ungkap Nuqi, sapaan Nurul, dekan FIK.

Nuqi menambahkan bahwa International Webinar tersebut menjadi ajang untuk meningkatkan kolaborasi dan memperluas jaringan.

“Saya selaku Dekan berharap kegiatan ini menjadi ajang untuk kolaborasi interprofesional antar tenaga kesehatan terutama Farmasis dan Bidan. Hal itu harus dilakukan secara intensif terutama di masa pandemic Covid-19 dan era new normal ini,” kata dia.

Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram  Dr H Arsyad Abdul Gani mengatakan,  Rekor MURI ini merupakan rekor pertama yang diterima oleh UMMAT. “Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada tim FIK UMMAT yang telah mempersembahkan hadiah rekor MURI bagi UMMat. Terima kasih kepada seluruh civitas FIK UMMAT,” ujarnya. (gus)