BTM Apresiasi Deklarasi Halal Mandiri Muhammadiyah

Oleh : Redaksi | Sabtu, 25 Juli 2020 - 13:47 WIB

BTM Apresiasi Deklarasi Halal Mandiri Muhammadiyah
undefined

Hukum & Bisnis (MAGELANG) Baitut Tamwil Muhammadiyah (BTM) mengapresiasi terkait deklarasi halal mandiri Muhammmadiyah  dari Lembaga Pemeriksa Halal dan Kajian Halal Thayiban (LPH-KHT) Muhammadiyah untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Dengan adanya deklarasi halal ini akan mempermudah  UMKM – UMKM yang kini menjadi anggota BTM untuk memperoleh deklarasi halal. Pernyataan ini disampaikan oleh Putro Prihatmanto Manager BTM Amman – Magelang  Jawa Tengah. 

Menurut  Putro, keberadaan dari deklarasi halal bagi UMKM sangat strategis bagi BTM, dengan demikian ada simbiosisme mutualisme antara BTM dan LPH – KHT dalam berdakwah mengembangkan ekonomi Islam. “Apalagi sejak diterbitkanya  Undang – Undang Sistem Jaminan Halal (SJH) wajib pelaku usaha makanan, minuman, obat – obatan dan kosmetika untuk memiliki deklarasi halal,"katanya saat berbicara dengan redaksi Hukum & Bisnis, Sabtu (25/07/2020). 

Dalam implementasi deklarasi halal, Putro menegaskan, akan berkoordinasi dengan para UMKM yang menjadi anggota BTM dan selanjutnya berelaborasi dengan LPH – KHT dalam hal teknis pelaksanaan deklarasi halal. 

Sementara sebelumnya,  Direktur Lembaga Pemeriksa Halal dan Kajian Halal Thayiban (LPH-KHT) Muhammadiyah, M.Nadratuzzaman Hosen, mengatakan, usaha kecil mikro (UMK) tidak akan dikenai biaya alias gratis hal ini dikarenakan untuk sementara tidak bayar dulu karena dananya dari LazisMu Muhammadiyah, yaitu lembaga zakat infaq dan shodaqoh.

Biaya akan baru dikenakan ketika pelaku UMK hendak memperpanjang Deklarasi Halal Mandiri-nya. “Insyallah biayanya murah dan terjangkau,”ucapnya.

Kendati gratis ataupun berbiaya murah, pemberian deklarasi tetap akan melewati proses audit terlebih dahulu oleh  LPH-KHT Muhammadiyah. Terakhir barulah ditetapkan berdasarkan fatwa ulama di Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah. Program ini direncanakan bakal dimulai pada awal tahun depan.

Untuk mempercepat deklatasi halal, Nadra berharap kepada BTM yang selama ini memiliki para anggota UMKM untuk mengajukannya dan LPH – KHT siap bersama Induk BTM untuk melakukan sosialisasi ke kantong – kantong UMKM BTM. 

“Saya berharap dengan adanya deklarasi halal UMKM BTM nantinya akan terbentuk kluster – kluster UMKM berbagai jenis yang nantinya bisa dikembangkan dalam berbagai pemerdayaan bisnis,”kata Nadra. (Gus)