Banggar DPR Tolak Raker Dengan Staf Ahli Menteri ESDM

Oleh : Ade Maulidin | Kamis, 25 Juni 2020 - 12:53 WIB

Banggar DPR Tolak Raker Dengan Staf Ahli Menteri ESDM
Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)

Hukum dan Bisnis (Jakarta) Badan Anggaran (Banggar) DPR menolak rapat kerja (raker) dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Kamis (25/6/2020) pukul 11.00 WIB,

Karena, rapat ini hanya dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Perencanaan Strategis Kementerian ESDM Yudo Dwinanda. “Kalau ada di luar dirjen, yang tidak mewakili dirjen, mohon keluar dari ruangan," kata Ketua Banggar DPR RI Said Abdullah di DPR, Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (25/6/2020).

Staf ahli diakui sebagai jabatan struktural di bawah menteri, tapi dia tidak bisa mengambil keputusan-keputusan yang bersifat strategis dan politis. 

Sebab, staf ahli hanya bertugas memberikan saran kepada menteri atau lembaga terkait, dan tidak bisa mengambil serta memutuskan sebuah kebijakan. "Kami minta maaf betul tapi kami punya kesepakatan kalau memang struktural, menurut tupoksinya, staf ahli kan tidak bisa mengambil keputusan itu," ucapnya. 

Sebelumnya, Banggar DPR berencana melakukan raker dengan Kementerian ESDM berupa pembahasan asumsi makro Rancangan Pendapatan dan belanja Negara (RAPBN) 2021. Rapat ini juga akan menetapkan harga minyak mentah (ICP), lifting minyak dan gas bumi, dan kebijakan-kebijakan lain pemerintah pusat. (mam)